Prediksi STANDAR KELULUSAN UASBN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah soal : 50 butir
Alokasi waktu : 120 menit
Bentuk soal : pilihan ganda
Bahan kelas : 4, 5, dan 6
Indikator
Disajikan sebuah gambar hewan/tumbuhan tertentu, peserta didik dapat menyebutkan salah satu ciri-ciri khususnya
Disajikan ciri-ciri beberapa hewan atau nama beberapa hewan, peserta didik dapat menggolongkan hewan tersebut berdasarkan ciri yang dimilikinya
Peserta didik dapat menentukan cara perkembangbiakan hewan melalui beberapa sajian gambar/ciri-cirinya
Disajikan sebuah gambar proses perkembangbiakan tumbuhan tertentu, peserta didik dapat menyebutkan cara perkembangbiakan tumbuhan tersebut
Peserta didik dapat menjelaskan akibat adanya pemanfaatan hewan tertentu secara berlebihan
Peserta didik dapat menyebutkan bagian tumbuhan yang mempunyai manfaat tertentu (melalui penyajian khusus)
Peserta didik dapat menentukan salah satu upaya pelestarian hewan atau tumbuhan (penyajian khusus)
Peserta didik dapat menjelaskan keadaan populasi hewan dalam sebuah komunitas karena adanya gangguan terhadap komunitas tersebut
Disajikan sebuah ilustrasi tentang ketergantungan 2 makhluk hidup yang berbeda, peserta didik dapat menentukan jenis simbiosisnya (mutualisme, parasisisme, komensalisme)
Peserta didik dapat menentukan kedudukan makhluk hidup dalam suatu rantai makanan/ komunitas (produsen, konsumen I, II, III)
Peserta didik dapat menentukan bentuk paruh unggas tertentu, sesuai dengan jenis makanannya melalui sajian beberapa gambar paruh
Disajikan gambar tumbuhan tertentu, peserta didik dapat menyebutkan cara penyesuaian diri tumbuhan tersebut terhadap lingkungan
Disajikan gambar bagian rangka atau persendian manusia, peserta didik dapat menjelaskan fungsi rangka atau persendian sendi tersebut
Disajikan gambar salah satu alat indera manusia, peserta didik dapat menentukan fungsi bagian alat indera yang ditunjukkan dengan tanda tertentu
Peserta didik dapat menentukan jenis hewan yang memiliki alat pernafasan tertentu melalui sajian beberapa gambar
Disajikan gambar saluran pencernaan manusia, peserta didik dapat menjelaskan proses pencernaan yang terjadi pada organ tertentu
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi salah satu jenis sel darah
Peserta didik dapat menentukan salah satu fungsi bagian tumbuhan (daun, batang, akar dan buah)
Peserta didik dapat menjelaskan peran zat gizi yang terkandung dalam makanan
Peserta didik dapat menyebutkan upaya mencegah penyakit tertentu
Disajikan ilustrasi perubahan wujud benda tertentu, Peserta didik dapat menyebutkan jenis perubanan tersebut (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim)
Peserta didik dapat menunjukkan contoh manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan sehai-hari
Disajikan contoh fenomena, peserta didik dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap suatu proses kegiatan
Disajikan gambar alat tertentu/pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi bentuk energi yang digunakan pada suatu kegiatan
Peserta didik dapat menjelaskan contoh cara menghemat energi tertentu (misalnya listrik, bahan baker)
Disajikan gambar sebuah alat/pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan bentuk perubahan energi dari alat tersebut
Peserta didik dapat menyebutkan contoh energi alternatif
Disajikan gambar kegiatan tertentu, peserta didik dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut
Disajikan gambar kegiatan yang berhubungan dengan alat pesawat sederhana, peserta didik dapat menentukan tenaga terbesar/terkecil
Disajikan gambar/fenomena, peserta didik dapat mengidentifikasi pesawat sederhana yang tepat digunakan sesuai gambar/ fenomena
Disajikan gambar percobaan peristiwa yang berkaitandengan sifat-sifat cahaya, peserta didik dapat mengidentifikasi sifat cahaya yang terjadi pada peristiwa tersebut
Peserta didik dapat menentukan pemantulan cahaya (sifat bayangan) melalui cermin tertentu (datar, cekung, cembung)
Disajikan tabel beberapa sumber daya alam, peserta didik dapat mengelompokkan sesuai jenisnya (dapat diperbaharui, tidak dapat diperbaharui)
Peserta didik dapat menyebutkan contoh pemanfaatan sumber daya alam
Peserta didik dapat menyebutkan contoh upaya pelestarian sumber daya alam
Peserta didik dapat menjelaskan dampak gejala alam bagi kehidupan
Disajikan gambar tata surya/ciri planet, peserta didik dapat menentukan nama planet tersebut
Peserta didik dapat menyebutkan akibat dari rotasi/revolusi bumi
Disajikan gambar peristiwa gerhana (bulan/matahari), peserta didik dapat menyebutkan jenis gerhana
Peserta didik dapat menjelaskan dasar penemuan penanggalan (tahun Masehi atau Hijriah maupun komariah )
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar